Produksi Listrik Indonesia

Dalam rangka memberikan cahaya kepada seluruh masyarakat Indonesia, pemerintah mengadakan proyek crash program untuk pembangunan pembangkit listrik di seluruh Indonesia. didalam hal ini PLN sebagai pelaksana program ini, crash program atau dapat pula diartikan dengan program percepatan yang dikerjakan pada pemerintahan SBY-JK, akan memberiakn 10,000 MW listrik dan direncanakan selesai pada tahun 2010.

PLN Enjiniring logo

PLN selaku pelaksana kegiatan crash program, memiliki bagian pelaksana yakni unit Jasa Engineer, selaku konsultan. namun pada tahun 2002, PLN membentuk anak perusahaan yang bertugas menyelesaikan setiap proyek yang dilaksanakan oleh PLN selaku induk. Prima Layanan Nasional Enjiniring atau yang dikenal sebagai PLN – E, proyek yang dilaksanakan sebagian besar merupakan crash program dari pemerintah. dari sebagian proyek yang ada sebaian besar dilimpahan ke PLN-E, mulai dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua.

dari tiap proyek atau bahkan semua proyek yang dikerjakan, konsorsium yang diterima berasal dari Cina dan menggandeng perusahaan EPC nasional. negara cina dipilih karena memiliki kemampuan untuk melakukan manufaktur terhadap main equipment, sedangkan perusahaan nasional EPC, banyak melakukan pekerjaan civil. perusahaan manufaktur indonesia belum dapat dinilai memiliki kemampuan untuk membangun main equipment (seperti : Boiler, Turbin, Generator, dsb) walaupun ada hanya bisa dihitung dengan 1 atau 3 jari saja.
selain kemampuan untuk memproduksi, manufaktur cina juga memberika penawaran harga yang bersaing dengan negera lainnya. namun kontrol dari PLN-E sebagai konsultan harus tinggi kerena dari disain atau rancangan manufaktur cina berdasarkan pada standar cina sedangkan pembangkit yang diinginkan sesuai standar Internasional.
dari tiap program pemerintah dibidang Energi harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak, di dalam bidang kelistrikan, pemenuhan kebutuhan energi ini sangat mendesak. pemadaman yang dilakukan PLN telah berdampak luas terhadap setiap aktifitas masyarakat baik sosial maupun ekonomi. mari kita dukung program pemerintah di bidang energi.

7 thoughts on “Produksi Listrik Indonesia

  1. Koboi says:

    yang beneeeer!….

  2. nuclear man says:

    pembangkit listrik?
    nuklir donk….bikin yang banyak banget. Sekalian rudalnya juga.

  3. jeanne says:

    siapa konsultan PLN-E ?

  4. jeanne says:

    apakah PLN-E bekerja sama dengan pihak luar ?

    • Maulana Rifaldi says:

      didalam bisnis,, kita harus punya partner dalam bekerja. semestinya pula PLN-E banyak kerja sama dengan pihak luar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: