Proyek PLN yang Fenofenal (3)

CNG plant sendiri tidak akan berguna toh?

ya Jelas sekali karena CNG akan bermanfaat untuk utilisasi beberapa hal karena awal design CNG Plant untuk di-transport dengan kapal. Selain CNG Plant diperlukan daughter station sebagai receiver, hal ini diperlukan untuk menurunkan tekanan atau langsung seperti SPBG dan mempergunakan dispenser untuk dipindahkan ke kendaraan berbahan bakar gas.

CNG untuk kendaraan sudah banyak dipergunakan di negara lain, Indonesia sepertinya akan sangat lama menghadirkan kendaraan berbahan bakar gas. hal ini terkait dengan kebijakan energi nasional yang tidak mendukung hal tersebut.

Penggunaan kali ini dengan menggabungkan CNG Plant dengan PLTMG, penggabungan ini adalah untuk memanfaatkan gas alam sehingga dapat membangkitkan daya listrik. Sebenarnya pemakaian CNG untuk pembangkitan daya listrik sudah ada dan dimanfaatkan untuk beban dasar (base load). Namun yang dikembangkan saat ini pemanfaatan CNG untuk membangkitkan daya pada beban puncak (peak load) dan hal ini adalah pertama di Indonesia juga di dunia.

Di Indonesia sendiri sedang berjalan 2 proyek CNG Plant ini, pertama di Jakabaring – Palembang dan Sei Gelam – Jambi. CNG Plant di Jakabaring dikabarkan akan COD (commercial Operation Date) pada akhir Desember 2012 seadng CNG Sei Gelam akan COD pada awal Februari 2013. Jika demikian CNG Plant di Jakabaring akan menjadi CNG Plant pertama di Dunia untuk pembankitan daya pada beban puncak. Namun demikian, issue-nya CNG Plant Jakabaring akan terlambat karena proses penurunan tekanan bermasalah pada PRV (pressure regulator valve). Tekanan diturunkan dari tekanan kerja 3600 Psig menjadi sekitar 500 Psig. Penurunan tekanan ini membutuhkan special order pada PRV-nya.

what ever happen in the future we have to CEMANGADTS… atau CETTARRR.

Tagged , , , ,

One thought on “Proyek PLN yang Fenofenal (3)

  1. zaenal says:

    ijin nyimak gan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: