Pesan-pesan para Professorku di 2010

Mengingat-ingat apa saja pertemuan yang berkesan terhadap 4 orang Professor di Sekolah Pascasarjana, Departemen Refrigerasi, Univeristas Nasional Chonnam – Korea Selatan. Dari sekian banyak pertemuan yang pernah ada, saya akan berbagi cerita mengenai filosofi orang korea (ini kata salah seorang prof).

Waktu itu saya sedang mencari tempat untuk tinggal diluar kampus, dan juga sedang mencoba mencari-cari masukan tambahan. Saya berbincang dengan Professor Kim, sosok yang sudah tidak muda lagi dengan uban putih dikepalanya. Perbincangan kami dengan menggunakan bahasa Inggris, dengan ditemani secangkir minuman dari vending machine, beliau yang membelikannya. Dia banyak cerita, dimulai ketika ia sedang study di Jepang untuk S3-nya. Prof Kim bertemu dengan student dari Indonesia alumni IPB (saya lupa nama beliau),  katanya beberapa tahun kemudian orang Indonesia ini menjadi salah seorang Rektor di IPB. Nasihat beliau mengenai tempat tinggal dan kesejahteraan, begini kira-kira:

“Kami orang Korea mengusahakan selalu tiga hal yakni, tempat tinggal yang baik, makanan yang baik, dan (duh saya lupa satu lagi)”

Tempat tinggal yang baik dapat dihuni oleh orang-orang didalamnya dan merasa tentram, beliau berandai ketika dulu tanah di dekat kampus masih murah mungkin dia akan membelinya jika dia punya student pascasarjana. Namun, sayang sekarang harga tanah dekat kampus sudah sangat mahal. Memang saya sendiri menyaksikan sudah banyak berdiri apartemen, restoran, one-room, minimarket, gereja, dll. Mengenai makanan, beliau bertanya bagaimana makanan kamu, apakah sudah baik? Dengan nada rendah sekali, iya baik prof. ( sebaliknya, dalam hati ku bergumam)

Pembicaraan terus mengalir, hingga minuman kami menjadi dingin, tujuan utama saya waktu itu berbicara sama Prof Kim, spy saya bisa masuk tim projectnya, tapi sampai sekarang belum juga, ya ga apa lah.

Waktu berlintas begitu jauh, sekarang saya sudah sidang dan menetapkan hati untuk pulang membangun diri serta negeri.  ketika itu saya sedang berlalu dari ruang lab office menuju keluar gedung untuk makan siang bersama istri di kontrakan kami. Di depan saya ada Prof Shin, setibanya mendekat beliau bertanya “bagaimana kabarnya?” saya menjawab baik-baik saja prof, dan bagaimana kabar istri kamu? Istri saya ada dirumah dan baik-baik saja. Then he said:

“Make her happy oke..”

Lintasan kata yang membuat saya tertegun sebentar, saya menjawab “I will make her happy”. Professor Shin itu orangnya lebih mudah dari Prof Kim, Beliau juga seorang professional engineer, artinya beliau juga memiliki pekerjaan lain sebagai engineer selain mengajar disini.  Saya pernah mendapatkan kuliah mengenai Engineering life-cycle cost, dan saya rasa itu sangat penting bagi orang yang akan terjun dibidang engineering.

Bahagiakan istri kamu, kata bahagia itu sangat indah dan menyenangkan. Dalam bahasa korea terkadang kita ditanya “재미 있어요?” (senang kah?) setelah melakukan sebuah kegiatan.  Sebagai suami kita harus tahu apakah istri kita merasa senang atau bahagia tinggal bersama kita. Apalagi saya yang tinggal duluar negeri jauh dari keluarga dan sanak saudara, meninggalkan pekerjaan, dan hidup alhamdulillah pas saja.

sudah barang tentu yang dicari oleh kita adalah rasa bahagia itu. uang adalah bagian kecil dari pelengkap bahagia, karena bukan uang yang kita cari.

Professor Park, memang tak banya saya berinteraksi dengan beliau. Selama ini saya hanya mengerjakan tugas-tugas saja dan ajaib nilai yang diberikan selalu A+. Nilai yang akan sangat sulit sekali didapatkan jika kuliah di Indonesia.

Professor Oh, oooh begitu banyak kesan mendalam sampai-sampai tak bisa saya tulis disini..

Tagged ,

Leave a Reply

