Lies for your life

Manusia tidak lepas dari interaksi antar sesama manusia, ini karena mereka saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Setiap manusia memiliki peranan yang berbeda-beda dan itu bisa saling topang-menopang atau bahkan saling menjatuhkan. Lalu dimanakah letak kebohongan itu berperan didalam kehidupan ini?

Sebelumnya, mari kita kenal dulu dengan kejujuran. Tindakan, baik berupa perbuatan atau ucapan, yang itu sesuai dengan aturan berupa norma hukum, agama, budaya dan lain lainnya dapat dikerjakan tanpa ditutup-tutupi itu dapat dikatakan jujur. Kata orang jujur itu sangat sulit karena tidak akan memperoleh ketenaran. misal didalam pekerjaan, seorang PNS atau swasta tidak berbuat jujur dalam melaporkan suatu laporan dengan benar sesuai kenyataan malah di laporkan keadaan yang tidak nyata atau palsu. Orang tersebut akan terlihat baik dihadapan beberapa orang karena orang-orang tersebut tidak tahu kalau laporan yang diberikan itu adalah palsu.

Berbuat jujur itu membuat orang menjadi miskin, karena tidak mendapat uang sogokan atau uang kegiatan yang tidak dikerjakan. Misal, membuat laporan kegiatan dengan pendanaan sekian rupiah namun pada kenyataannya kegiatan itu tidak ada. Uang yang diperoleh dengan tindakan tidak jujur itu diambil oleh para pembuat laporan kegiatan tersebut. Dan masih banyak contoh lainnya dalam perbuatan tidak jujur ini atau dengan kata lain berbohong.

pernahkah kamu berbohong?

kepada siapa kamu berbohong?

kenapa kamu berbohong?

apa yang akan terjadi jika kamu berbohong terhadap kamu sendiri dan terhadap orang yang kamu bohongi?

apakah kamu akan mengakui suatu saat jika kamu pernah berbohong kepada yang kamu bohongi?

apakah kamu merasa berdosa/bersalah ketika sedang berbohong?

jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan kerendahan hati, lalu apa yang akan kamu lakukan setelah menjawab ini? mau berbohong lagi kah?

letak kebohongan, itu berada di hati kamu. you know it when it happen then you keep it deep in your heart.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: