Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai beasiswa sponsor profesor di luar negeri

Judulnya panjang amat ya, “beberapa hal yang perlu diketahui mengenai beasiswa sponsor profesor di luar negeri“, nah itu lah penekanan tulisan kali ini. kalau kamu pernah baca posting-an saya sebelumnya di (klik sini), tips-tips dibawah ini pas buat kamu yang akan menempuh jalur sponsor dari profesor di luar negeri

Betapa semangatnya kamu ingin kuliah lagi meraih gelar Master of Science, Master of Engineering atau yang lainnya. Semangat itu pun terlaksana dengan mencari cara mendapatkan beasiswa yang tersedia di luar negeri. kamu cari dari mbah Google dengan berbagaimancam kata kunci atau kamu tanya-tanya kawan yang sudah memperolehnya atau dengan tanya dosen pembimbing pas waktu kuiah S1 dulu (padahal kamu sendiri sudah lupa nama beliau, hehe).

The Good News Come, kamu akhirnya bisa memperoleh sponsor dari seorang profesor di luar negeri sana. excited sekali kamu sampai di negeri orang, punya kawan orang asing baru, tempat tinggal baru, budaya yang berbeda, dll. Seems to be nice at the first, tak seberapa lama kamu akan merasakan aroma suasana yang berbeda. Ternyata kamu merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang berinteraksi dengan the professor.

sebelum hal ini terjadi menimpa dirimu, you should better know about your ADVISOR. bagaimana caranya? saya akan berbagi tips mengenai ini karena saya tidak mau ini terjadi pada kamu. now listen to me;

    • Kenali siapa profesor itu lewat google. caranya ketik nama dia dan universitas dia bekerja dan baca apa saja karya-karya dia, jika banyak berarti dia orang yang sibuk. Dia tidak akan memperhatikan proses kerja kamu di lab nanti, yang penting hasil dan sebelum deadline.
    • Kenali siapa profesor itu lewat kawan/senior yang jadi student dia. Kawan kamu akan segan dengan pembicaraan seperti ini karena mungkin dia ga kenal banget dengan kamu jadi informasi yang diberikan sedikit alias yang baik-baiknya saja. Tapi yakinkan dia untuk bercerita mengenai personal character si profesor mau itu yang baik atau yang buruk. Kawan yang baik akan menceritakan segalanya agar tidak terjebak pada situasi tidak nyaman, artinya dia ga akan rekomendasi ke profesor itu. Namun bisa jadi kawan kamu itu ingin memberikan jalur buat kamu berusaha keras di lingkungan laboratorium.
    • Kenali siapa profesor itu lewat kawan yang tadi no.2, tanyakan apakah uang yang diberikan itu sedikit atau banyak menurut ukuran orang lokal sana. life is not just about a money but money can support your life, uang untuk hidup disana yang berkecukupan serta yang tak kalah penting adalah kamu bisa menabung yang banyak dengan uang yang diberikan oleh profesor kamu nanti. kalo enggak, cari aja yang lain dah daripada hidup sengsara dinegeri orang.

    itu aja dulu dah tipsnya, kalau kamu cari beasiswa keluar negeri dengan jalur sponsor dari profesor ingat-ingat pesan saya ini sebelum terlanjur menerima tawaran profesor itu. They like you not just about your ability but also they pay you lower.

    <p

    Tagged ,

    6 thoughts on “Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai beasiswa sponsor profesor di luar negeri

    1. Ika says:

      Curhat ya pak?! tapi ya bener sih, lebih baik tau sedikit dulu daripada merasa terjebak ketika udah setengah jalan. Selamat berjuang! sedikit lagi..!!

    2. yasir says:

      Terima kasih infonya. kalo saya S2 saja belum…

    3. curat…bener….waspadalah….

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: