cara memperoleh beasiswa luar negeri

Ada beberapa kawan saya yang bertanya jalur-jalur apa saja yang bisa di lakukan untuk memperoleh beasiswa luar negeri. sebelumnya baca postingan sebelumnya yang terkait dengan cara memperoleh beasiswa luar negeri (klik aku). Di sana saya menuliskan tentang syarat umum yang harus dimiliki orang yang ingin memperoleh beasiswa di luar negeri. Saya menganggap kamu sudah membaca postingan saya tersebut. OKE kita lanjut cara-cara efektivenya, sbb:

PERTAMA, Mendaftar pada Pemberi Beasiswa

ada berbagai macam pemberi beasiswa di Indonesia dan pastikan pemberian beasiswa itu dari Pemerintah Asing, karena jumlah yang mereka berikan cukup besar dan mampu digunakan untuk saving kamu selama kuliah di negeri mereka. KGSP (Korean Government Scholarship Program), Chevening (Beasiswa pemerintah Inggris), Studned-NFP-HSP (Beasiswa pemerintah Belanda), DAAD (Beasiswa pemerintah Jerman), Monbukagakusho (Beasiswa pemerintah Jepang), dan berbagaimacam negara lainnya.

penuhi setiap persyaratannya dan kirimkan formulir beserta kelengkapannya sebelum tanggal penutupan. persyaratan yang biasa di minta adalah identitas diri berupa KTP, akte kelahiran, KTP orang tua; kelengkapan kuliah terakhir berupa Ijasah dna transkrip nilai yang asli; surat rekomendasi dari tempat kerja jika bekerja atau pembimbing kuliah; pengalaman kerja selama sekurangnya dua tahun dari tempat kerja; TOEFL/IELTS test score; dan lain-lainnya yang dibuutuhkan oleh pemberi beasiswa.

ada sedikit trik yang dapat di sampaikan adalah, setelah setiap persyaratan dirasa dapat dipenuhi hendaknya kamu segera melamar ke universitas yang diperbolehkan untuk di lamar. Maksudnya universitas yang tergolong didalam daftar yang dapat menerima beasiswa. Dengan demikian secara administratif kamu sudah diterima oleh univeristas di negeri pemerintah yang memberikan beasiswa. Cara ini akan memperbesar kesempatan kamu untuk memperoleh beasiswa-beasiswa tersebut dibadingkan peserta lain yang memiliki kelengkapan yang sama namun belum mendaftar di universitas-universitas tersebut.

Bagaimana mendaftar sedangkan belum tentu beasiswa diperoleh, nanti malah harus bayar semua biaya. Kamu memang harus usaha mendaftarkan diri di universitas tersebut, sehingga pemberi beasiswa (pemerintah asing) dapat menerima kamu lebih baik. Kamu harus memperoleh acceptance letter dari univeristas tersebut, jika sudah diterima kesempatan kamu akan lebih kuat.

KEDUA, mencari sponsorship dari professor asing

Jalan ini yang banyak di tempuh orang Indonesia untuk memperoleh gelar di luar negeri. Karena banyak sekali professor luar negeri membutuhkan asisten dalam mengerjakan risetnya. Biaya hidup dan kuliah kamu diambil dari biaya penelitian dan asistensi kuliah jadi sang professor itu tidak akan mengalami kerugian financial membiayai persemester kamu. Berbeda dengan cara pertama yang harus memenuhi banyak persyaratan dari pemerintah asing, dangan cara ini jika si professor suka dengan profil kamu maka akan sangat mudah untuk melangkah selanjutnya.

Persyaratan yang paling umum adalah kamu harus memenuhi persyaratan yang ada di Universitas dimana si professor bekerja. ya memang mirip dengan cara pertama diatas, kamu harus melewati persyartan umum dari universitas diluar negeri, selanjutnya bersiaplah berangkat.

<p

Tagged

12 thoughts on “cara memperoleh beasiswa luar negeri

  1. silforosa magdalinda assem says:

    I like that
    n want to

  2. cyncyn says:

    cara cari sponsorship dr professor asingnya gimana??
    kan kita blm kenal profesornya

    • Maulana Rifaldi says:

      cari kawan atau senior yang sedang kuliah diluar negeri, minta referensi profesor yang baik hati untuk menerima kamu sebagai salah seorang student,
      🙂

      selamat mencoba

  3. nita says:

    kalau dari MA gmn?

    • Maulana Rifaldi says:

      maksudnya Madrasah Aliyah (MA).

      untuk memperoleh beasiswa S1 (undergraduate), bisa dengan latar belakang MA atau SMA, karena keduanya pendidikan yang setara. namun tentunya jika ingin memperoleh beasiswa untuk jalur MA, biasanya negara-negara Islam lebih diutamakan. karena mereka melihat background pendidikan kamu.

      coba saja, di Mesin (Al-Azhar), King-Saud Univeristy, dsb.

  4. agni says:

    Selamat pagi pak

    saya ingin melamar beasiswa untuk belajar ke luar negeri..umur saya sekarang 26 tahun.sebelumnya saya sudah kuliah D3 jurusan bahasa inggris dan saya berniat melanjutkan kuliah untuk ambil S1 dan smg bisa sampai S2…dan saya sebelumnya bekerja dan membiayai semua biaya kuliah dari hasil kerja saya sebagai staff di salah satu vendor telekomunikasi terbesar (bisa di katakan,dunia)
    yang ingin saya tanyakan lg…apakah masih bisa saya apply untuk memperoleh beasiswa karena sekarang saya sudah selelsai kuliah?

    • Maulana Rifaldi says:

      pagi,
      Assalamu’alaikum.

      saran saya, ada baiknya ibu agni ambil S1 terlebih dahulu di Indonesia. karena peluang beasiswa S2 lebih besar dibandingkan S1 di Luar negeri. semangat!!

  5. agni says:

    trimakasih pak

  6. cicyn riantoni says:

    aslm bagaimana cara mencari sponsorship soalnya,kita kan belum tau siapa yang mau menjadi sponsor?

    • Maulana Rifaldi says:

      tips lain yang mungkin berguna untuk mencari sponsorship dari para professor di luar negeri yakni kunjungi website kampus-kampus di Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, German, Belgia, Singapura, dll.
      cari jurusan yang anda minati, kirim email kepada mereka semua, mudah-mudahan salah satu dari mereka ada yang merespons email Anda. Atau Anda kunjungi website persatuan pelajar Indonesia di negara-negara tersebut, biasanya didalam website tersebut terdapat postingan beasiswa di negara tersebut. Atau anda Kontak saja mereka dengan mengirim email yang berisi memohon informasi beasiswa.

  7. cicyn riantoni says:

    aslm.biasanya negara mana saja yang banyak memberi beasiswa ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: