PLTU akan kah cocok untuk indonesia

PLTU dan Polusinya

PLTU dan Polusinya

pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Indonesia memberikan peluang untuk kita mengambil sebesar besarnya sumber daya alam tersebut, didalam tahun ini pemerintah telah melakukan awal pembangunan berbagai pembangkit listrik yang berbahan bakar batu bara, proyek 10.000 MW akan memanfaatkan sebagian besar berbahan bakar Batu Bara.

diseluruh indonesia akan dibangun PLTU, dan pembangunana di Jawa lebih besar lagi dikarenakan industri yang ada di Indonesia rata-rata berada di jawa. untuk memberikan daya kepada industri dan masyarakat maka di daerah Indramayu, pelabuanratu dan awar-awar dibangun PLTU yang akan dioperasikan oleh PJB.

pemakaian batu bara untuk PLTU akan meningkatkan harga dari batu bara itu sendiri, sama halnya dengan sumber energi lainnya seperti solar dan gas yang terus meningkat akan menaikkan harga. dengan peningkatan permintaan batu bara maka para produsen batu bara indonesia akan diminta untuk meningkatkan produksinya sehingga kebutuhan dari PLTU di seluruh Indonesia akan terpenuhi, oleh kerena itu diperlukan regulasi dari pemerintah soal pengaturan industri tambang batu bara ini. jika dilepaskan oleh mekanisme pasar maka PLTU yang telah dibangun akan mengalami kesulitan dalam men-supply bahan bakar atau bisa dikatakan antara PLTU akan terjadi persaingan dalam memperebutkan batu bara.

disisi lingkungan akan terjadi peningkatan sulfida SOx dan COx serta zat lain hasil pembakaran masuk ke lingkungan. issue yang sedang hangat adalah global warming, tak ayal bangsa kita akan menjadi salah satu bagian besar dari pemanasan dunia. ini akan terlihat dari kulitas udara, tanah dan air hasil dari pembuangan limbah PLTU. maka didalam melakukan perencanaan pembangunan PLTU harus dipikirkan bagaimana waste tersebut kembali di kelola agar limbah yang masuk kelingkungan terkurangi kandungan racunnya.

sesungguhnya ada cara yang paling innovative didalam menghasilkan energi listrik selain menggunakan PLTU yakni PLTN atau pembangkit listrik tenaga nuklir, teknologi nuklir sudah sangat maju sedangkan taknologi PLTU sudah menuju kadar staknan atau perkembangannya tidak rapid.

indonesia membutuhkan energi listrik yang besar dan nuklir akan memberikan solusinya

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: