CNG MARINE GRESIK – LOMBOK

Teknologi semakin maju, para engineer dalam bidang praktisi mengaplikasikan hasil rekayasa mereka dengan semangat membangun bangsa.
Penggunaan gas untuk pembangkitan listrik sedang dioptimkan Karena harga energinya lebih murah dibandingkan dengan membakar solar atau high speed diesel . Sumber-sumber produksi gas di Indonesia banyak yang marginal sehingga dan kapasias dalam juta kubik per hari yang kecil maka nilai ekonominya kurang menarik. Pln melalui anak usahanya, PLNE, mendisain proses pemampatan dan penyimpanan gas untuk dumber gas termarginalkan sehingga memiliki nilai ekonomi yang menarik. Nilai gas processing sekitar $3/mmBtu, untuk CNG plant seluas 1,6 hektar.
Disain PLNE untuk CNG Plant dikembangkan dengan membantu PLN didalam pendampingan mendisain CNG marine. Kali ini disain Awal dari konsultan RINA yang ahli dalam mendisain kapal. Dieain yang diajukan oleh RINA masih belum matang karena belum mempertimbangkan mengenai detail desain yang dituangkan didalam narasi teks. Didalam disain dari RINA masih banyak yang saling kotra antar section sehingga kontraktor kesulitan didalam menentukan disain CNG plant. Dengan demikian PLNE diminta untuk membantu PLN didalam menyempurnakan Isi dari disain dokumen tender CNG Marine.
Konsep sederhana dari CNG Marine adalah gas di mampatkan dan disimpan didalam cylinder storage. Dari storage tersebut kemudian dipindahkan ke kapal pembawa CNG, storage dipasang di dalam lambung kapal sehingga harus lebih ringan daripada silinder storage yang ada di darat. Kapal akan membawa CNG ke daerah yang tidak memiliki sumber gas. Gas dipindahkah dari kapal kedarat masuk kedalam cylinder storage kembali. Pemanfaatan gas ini untuk membangkitkan listrik pada saat beban puncak.
Penyimpas CNG yang berada didalam kapal harus lebih ringan, sehingga Tipe cylinder storage yang dapat dipergunakan adalah tipe 3 atau tipe 4. Pada tipe 3 ini mempergunakan steel atau aluminum yang dilapisi oleh FRP sedang untuk tipe 4 plastik dilapisi FRP. Dari sisi harga tipe 3 lebih murah dibandingkan tipe 4.

About these ads
Tagged , ,

2 thoughts on “CNG MARINE GRESIK – LOMBOK

  1. simbangando says:

    Rencana kapan pembangunan CNG plant di Gresik dan Lombok? Jika dibandingkan dengan LNG plant, berapa selisih biaya konstruksi dan proses per mmbtu?

  2. Maulana Rifaldi says:

    rencananya dalam waktu dekat ini.

    biaya EPC CNG marine dengan LNG mini by BV-Indonesia, tidak terkait jauh.. mungkin bapak bisa undang pihak BV.indonesia untuk presentasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: